Sunday, 10 December 2017

 12:53      ,    No comments

Kegalauan setelah lulus kuliah


Siapa bilang setelah lulus kuliah itu selalu menyenangkan???
Bagi saya setelah lulus kuliah itu senengnya cuma sekitar 20-40% sisanya puyeng haha. Kenapa saya bilang begitu?? Karena setelah lulus banyak pertanyaan yang muncul dalam hati saya seperti mau kerja apa ya setelah ini, kerja dimana, passionku apa, aku bisa apa??? Oh Tuhan itu saat-saat galau yang tak pernah terlupakan. Wk wk wk (maap kalau lebay)

Setelah dinyatakan lulus awal tahun 2013 dan sudah mendapatkan jadwal wisuda saya mulai rajin browsing tentang info lowongan kerja selain itu saya juga aktif banget mengikuti jobfair yang diadakan diberbagai kampus di Yogyakarta (karena saya tinggal dan besar disana). Padahal belum wisuda tapi saya sudah rajin apply lamaran via jobfair, email, saya taruh ke lokasi langsung di perusahaan tsb, via pos pun sudah saya lakukan tetapi sampai wisuda hasilnya NIHIL L So sad, tambah galau deh ya. Saya beruntung punya orangtua dan keluarga yang selalu mendukung saya oleh sebab itu saya selalu semangat ikut jobfair dan melamar kerja kesana kemari sendirian (pendekar mah kemana mana sendiri haha).

Akhirnya saya mulai curhat dengan teman dan bertanya apakah ditempat kerja mereka ada lowongan atau tidak, berharap mereka mau berbagi info bagi jobseeker seperti saya ini. Suatu hari saya berkomunikasi dengan seorang teman yang bekerja di Bank Swasta Asing di Surabaya namanya Mas Hendra  setelah saya menceritakan kegalauan saya tentang kegalauan setelah lulus kuliah dan usaha pencarian kerja akhirnya dia meminta saya mengirimkan CV dan Surat Lamaran ke perusahaan tempat dia bekerja dan amazing banget satu minggu kemudian saya mendapatkan telepon dan panggilan untuk test sekaligus training. Tanpa pikir panjang karena terlalu bahagia saya meng-iyakan tawaran tersebut dan segera meminta izin orangtua untuk berangkat ke Surabaya.

Saya paham orangtua saya sebenarnya khawatir karena disana saya tidak punya sanak saudara dan saya berangkat sendirian untuk kali pertama keluar kota tanpa mereka. Mungkin karena melihat kegalauan saya setelah lulus kuliah dan tidak ingin anaknya menjadi frustasi karena tidak segera mendapatkan pekerjaan akhirnya orangtua saya mengizinkan saya pergi. Haha. Tetapi saya bersyukur sekali karena mempunyai banyak teman yang sangat baik yang mau membantu saya saat saya di Surabaya. Singkat cerita setelah sampai di Surabaya saya di jemput teman saya dan diantar ke rumah teman tempat saya bermalam. Setelah sampai rumah teman saya langsung mandi beres-beres lalu pergi lali survey cek lokasi test dan sekalian mencari kos yang dekat dengan kantor. Sekali lagi saya bersyukur karena langsung mendapatkan kos yang murah, nyaman, dekat dengan lokasi kantor dan ibu kosnya baik.
Gedung Plaza BRI Surabaya
Plaza BRI Surabaya
Credit: Google

Dan benar saja setelah saya interview dan test di Bank ANZ yang berlokasi di Gedung Plaza Tower BRI Basuki Rahmat saya langsung dinyatakan diterima kerja dan saat itu juga diminta untuk mengikuti training singkat menjadi telemarketing, saya juga menjadi satu team dengan teman saya yang memberikan referensi kerja ini.  Yap telemarketing itu pekerjaan pertama saya setelah lulus kuliah tetapi itu hanya berlangsung singkat sekitar 3-4 bulan saja saya bekerja dan tinggal di Surabaya setelah itu saya pulang ke Yogyakarta dan kembali lagi menjadi job seeker. Walaupun singkat itu adalah pengalaman hidup saya yang tidak terlupakan karena disana saya mendapatkan banyak wawasan, ilmu, teman dan pengalaman yang tidak bisa dibeli dengan uang. Setelah sampai di Yogyakarta kegalauan setelah lulus kuliah pun berlanjut. wkwkwk

0 komentar:

Post a Comment

friends

Popular Posts

ads

Total Pageviews

Edited by Azantie. Powered by Blogger.

Follow by Email